Info Terkini

Mencegah dan mengatasi asma

Mencegah dan mengatasi asma


Halo sobat,....
Mungkin anda atau salah satu keluarga anda sering mendapat serangan asma....nah, disini saya mencoba untuk memberikan masukan buat anda bagaimana cara mencegah dan mengobati asma tersebut.
Masukan atau pendapat yang akan saya sampaikan ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jadi, ini bukan teori asal ngomong lho... OK, kita mulai menjabarkannya .....he....he...he.....

Mencegah

Untuk mencegah datangnya asma ini sebetulnya ga sulit sulit amat,... karena sepanjang pola hidup kita pola yang sehat, asma itu ga datang,...
Hal yang harus dihindari

Angin

Asma saya kumat bila saya banyak kena angin, apalagi angin malam. Bila anda bepergian hindari terpaan angin apalagi kalo anginnya mengenai badan kita secara langsung.

Begadang

Bila kita begadang maka otomatis badan kitapun tidak beristirahat, akibatnya, daya tahan tubuh pun melemah,...Tidur (istirahat) jangan terlambat, usahakan jam 9 malam sudah tidur, bila sudah lewat jam 7 malam selalu berada di ruangan tertutup (Rumah). Kalo pun anda begadang, jangan begadang di luar rumah,... bila anda memang terpaksa begadang di luar rumah, lindungilah diri anda dengan baju yang tebal, lindungi leher dan kepala anda dengan penutup supaya ga masuk angin.

Makanan berlendir dan berlemak

Kalo dada anda sudah mulai berbunyi ketika bernafas, hindari makan makanan yang berlendir dan berlemak. Contoh makanan yang model berlendir dan berlemak itu, kerang, jeroan (cincang sapi), gorengan, makanan yang berminyak, kacang. Untuk sementara bila sudah berbunyi,...ngiiiik,....ngiiik,...ngiiik,... makanlah makanan yang rebusan rebusan, contohnya, sayur yang direbus (Usahakan yang ga banyak pake bumbu), lalapan, telor rebus.

Minuman soda, manis dan asam

Jangan terlalu sering minum soda dan manis, apalagi yang dingin dingin, karena minuman ini mengakibatkan lendir di dada kita
Usahakan minum air putih hangat yang banyak, bila perlu sampe keringat
Bila keringat, tandanya lobang pori pori anda terbuka, angin anda bisa keluar lewat pori pori tersebut.
Minuman selain air putih hangat tadi, anda boleh juga minum minuman yang pahit pahit, seperti sambiroto (Jangan dicampur yang manis lagi)


Makan setelah jam 8 malam.

Makanlah sebelum jam 8 malam, supaya abis makan ga langsung tidur,...biar ada kesempatan si perut kita memproses makanan, jadi, ga numpuk di satu tempat,...kalo numpuk di satu tempat, dada kita jadi jadi ketarik ruangannya (Bisa mempersempit si paru paru bergerak),...Kalo udah makan, mengantuk, menguap pun agak sulit, karena si paru paru mau bernafas ruangan tempat angin masih penuh makanan, jadi, si udara tidak bisa lancar lewat paru paru. Istirahat malam pun ga sempurna



Mengobati

Menurut pengalaman saya nih... yang namanya mengobati asma ini cuma mengobati pada saat kumat, tapi, bukan berarti asmanya ga bakalan datang datang lagi... Asma akan datang kepada kita pada saat kita lalai menjaga badan,... Jadi,.. disini saya akan sampaikan obat yang pernah saya minum pada saat si asma tadi datang,... kalo asma saya diiringi batuk, saya minum tridryl,...dulu saya disarankan dokter pribadi saya untuk minum itu, hasilnya luar biasa, cuma 2 hari langsung hilang batuk dan asmanya,....tapi sekarang sepertinya obat itu sudah ga ada di apotik, mungkin sudah ditarik,... akhirnya saya cari yang ada dril drilnya,.. seperti decadryl, ikadryl, .... coba anda baca sendiri khasiatnya dibotol obat itu sewaktu anda ke apotik,...Tapi, asma saya tidak hilang dengan cepat kalo minum itu,... akhirnya saya minum asma soho,....dan ternyata saya bisa nyenyak tidur setelah minum itu,... Tetapi, tetap saja pengobatan intinya adalah hindari yang saya paparkan di atas,.... si asma akan pergi dengan sendirinya,... bila kumat minum asma soho, abistu tidur segera, .... posisi kepala dibuat lebih tinggi dari dada anda,.....
Bila anak anda terkena asma, kalo masih bisa digendong, gendong saja sambil digosok gosok punggungnya, sampai dia tertidur, dan biarkan dia tertidur dipelukan anda, cari cara supaya anda pun bisa tidur dan dia tetap digendong,... Bila  anda berhasil membuat si buah hati tertidur berarti itulah awal kesembuhan dia....

Anda jangan panik ketika melihat si buah hati sesak nafas, karena bila panik bisa bisa ga teringat harus melakukan apa,.... Yang pasti kita harus yakin bahwa ajal di tangan Tuhan....amiiiiiin....

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat anda...kalo boleh anda berikan juga ya pendapat anda disini ya.... baik buruk pasti ada gunanya buat saya,... biar ada bahan introspeksi buat saya... terima kasih sobat






5 komentar:

Mohon beri komentar yg tidak berbau sara